Tips Diet Pasca Melahirkan Supaya Segera Langsing

Setelah melahirkan, kondisi badan yang membesar kadang membuat stress para wanita. Sebagian besar wanita akan berusaha mati-matian supaya tubuhnya bisa kembali seperti sedia kala. Diet pasca melahirkan memang cenderung lebih berat, tapi dengan motivasi yang tinggi, tak ada yang mustahil dengan hal ini. Tetapi ada baiknya kamu menunggu dulu kurang lebih selama 6 minggu sebelum kamu memulai program diet. Sedangkan untuk ibu yang menyusui, setidaknya beri jangka waktu sampai anak berusia 2 bulan.

Diet pasca melahirkan

Hal ini dilakukan karena pasca melahirkan, tubuh masih membutuhkan waktu untuk penyembuhan. Selain itu, menurunkan berat badan secara extream untuk ibu menyusui bisa berpengaruh pada berkurangnya jumlah produksi ASI.

Para dokter merekomendasikan, bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan, disarankan untuk menarget pengurangan berat badan 680 gr per minggu. Atau kamu bisa mengurangi sekitar 500 kalori asupan harian.

Karena dengan jumlah ini, produksi ASI tidak akan terpengaruh. Berikut tips membuat tubuh kembali langsing setelah melahirkan :

  • Mengatur pola makan

Olagraga untuk mengecilkan perut memang tidak bisa segera dilakukan. Maka dari itu, mengatur pola makan bisa dijadikan sasaran pertama untuk wanita yang baru melahirkan. Biasakan untuk makan 5-6 kali perharinya dengan porsi kecil. Dan sebelum makan selingi dengan kudapan.

Jam makan yang sudah ditentukan sebisa mungkin untuk dipenuhi. Jangan sampai terlambat. Selain itu, pastikan juga untuk sarapan. Sarapan sangat dibutuhkan tubuh untuk mendapat energi dalam beraktifitas seharian.

Selain itu biasakan untuk mengunyah makanan secara perlahan. Biasakan memakan makanan dengan santai, tidak perlu terburu-buru. Hal ini akan membantu kamu merasa cepat kenyang.

  • Pilih makanan yang tepat

Pemilihan makanan juga haruslah diperhatikan dengan seksama. Perbanyaklah makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Asupan buah dan sayur sangat baik bagi tubuh. Pisang, apel dan jeruk bisa kamu makan sebagai kudapan tiap harinya. Jenis buah ini rendah lemak, kaya serat dan juga vitamin. Maka dari itu jenis buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk menu diet.

Untuk konsumsi susu, pilihlah jenis susu yang rendah lemak. Pengolahan makanan juga diperhatikan. Untuk hasil diet yang optimal, biasakan untuk memakan makanan yang dikukus atau direbus, jangan digoreng. Asupan air putih juga harus cukup. Minumlah air putih paling tidak 8 gelas per hari.

  • Lakukan olahraga secara bertahap

Untuk olahraga, lakukan secara bertahap. Jangan langsung memaksakan diri untuk olahraga berat dimasa-masa awal pasca melahirkan. Kamu bisa memulainya dengan stretching atau latihan beban dirumah. Tidak perlu terlalu berat. Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan latihan kardio. Kamu bisa latihan kardio dengan berjalan keliling kompleks setiap hari, setidaknya selama 30 menit.

Setelah itu, kamu bisa memulai latihan aerobik dirumah. Untuk latihan aerobik, pusatkan latihan pada area dada. Entah itu dada bagian atas maupun dada bagian bawah. Selain melatih otot dada, kamu juga bisa melatih otot di bagian punggung dan juga otot bagian pinggang.

Intinya, untuk olahraga jangan jangan terlalu memaksakan diri. Lakukan saja secara bertahap. Apalagi untuk ibu yang menyusui. Pasalnya, menurut dokter, olahraga high impact seperti berlari, melompat dan juga mengangkat beban yang cukup berat akan berdampak pada jumlah dan kualitas ASI. Setelah masa menyusui sudah habis, kamu bisa habis-habisan untuk berolahraga dan mencari tips mengecilkan perut supaya bentuk badanmu lebih bagus lagi.

Selamat berusaha mengaplikasikan tips ini untuk berdiet. Yang penting adalah niat dan motivasi. Jika niat dan motivasi kamu cukup tinggi, mengembalikan tubuh ideal kamu pasti sangatlah mungkin.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *