Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat yang Sehat dan Perlu untuk Rutin Dikonsumsi

Kolesterol dan Asam Urat adalah dua penyakit yang seringkali dikeluhkan oleh para lansia. Faktanya, kedua penyakit tersebut saling berhubungan, dimana penyakit kolesterol dapat memicu terjadinya asam urat. Kedua penyakit tersebut juga rentan terjangkit pada orang yang obesitas. Kolesterol dan zat asam urat sebenarnya sudah ada dalam tubuh, namun kadar kolesterol jahat dan zat asam urat yang terlalu tinggi dapat merusak fungsi organ dalam tubuh. Munculnya kolesterol jahat dan tingginya zat asam urat dalam tubuh biasa disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu seperti alkohol, makanan dengan kandungan purin tinggi, dan makanan berlemak yang digoreng dengan proses deep-frying. Makanan tersebut harus dihindari oleh penderita kolesterol dan asam urat. Sedangkan untuk menyembuhkannya, ada beberapa makanan penurun kolesterol dan asam urat yang harus dikonsumsi oleh penderita.

Makanan penurun kolesterol dan asam urat

Makanan penurun kolesterol dan asam urat antara lain adalah makanan yang mengandung serat tinggi, buah-buahan dengan kadar vitamin C tinggi, air putih dan teh hijau, serta ikan salmon. Makanan dengan serat tinggi banyak terkandung pada sayuran hijau dan buah-buahan seperti oyong atau gambas (Luffa Acutangula), sawi putih, pepaya, mangga, dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung serat tinggi akan mampu mempercepat proses pembuangan zat-zat jahat yang tidak diperlukan oleh tubuh kemudian membawanya bersama kotoran. Selain itu, buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, lemon, dan buah beri dapat membantu penyembuhan pasien asam urat dan kolesterol secara cepat. Vitamin C akan dengan cepat memecah kolesterol jahat dan zat asam urat tinggi pada tubuh, kemudian membuangnya bersama kotoran dan air seni. Vitamin C juga akan meningkatkan daya imunitas tubuh sehingga tidak akan mudah terserang oleh penyakit.

Makanan penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya adalah air putih. Selama proses penyembuhan dan untuk mencegah kedua penyakti kembali menyerang, maka penderita sebaiknya banyak mengkonsumsi air putih dan berhenti mengkonsumsi alkohol serta minuman bersoda. Air putih akan memperlancar kerja sel-sel dan organ dalam tubuh, sehingga mampu mempercepat proses pembuangan zat jahat dalam tubuh bersama kotoran. Selain mengkonsumsi makanan diatas, orang yang sudah pernah terserang kolesterol dan asam urat sangat dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat terutama dengan olahraga rutin. Dengan olahraga secara rutin dan teratur, daya imunitas tubuh akan semakin meningkat, serta fungsi kerja organ dalam tubuh juga akan kembali maksimal.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *