Ini Beberapa Makanan Pantangan Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

Ibu hamil tentu membutuhkan asupan makanan yang bergizi demi memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Tapi, bukan berarti ibu hamil boleh makan sembarangan dengan jumlah yang besar. Ibu hamil juga perlu mengetahui makanan apa saja yang boleh dimakan dan makanan yang tidak boleh dimakan. Hal ini penting mengingat ada beberapa makanan pantangan ibu hamil yang harus dihindari karena dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan pada janin. Ada beberapa jenis makanan yang memang dihindari karena mitos yang beredar di masyarakat maupun yang telah diteliti secara medis. Makanan ini lazimnya merupakan makanan olahan yang setengah matang atau telah melalui proses tertentu sehingga memiliki risiko negatif bagi kesehatan.

Makanan pantangan ibu hamil

Makanan pantangan ibu hamil bisa berupa daging setengah matang. Daging unggas, sapi maupun seafood yang dimasak setengah matang berisiko membawa penyakit serta terkontaminasi bakteri.Makanan yang terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan keracunan serta gangguan pencernaan. Ikan-ikanan seperti ikan yang mengandung mercury atau ikan asap juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Kandungan mercury pada ikan bisa menyebabkan kerusakan otak pada janin. Sedangkan ikan asap dikhawatirkan mengandung Listeria yang bisa memicu infeksi dan keracunan darah pada janin dan ibu hamil. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari makan telur mentah dan telur setengah matang. Telur setengah matang dikhawatirkan mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan penyakit tipes.

Di samping makanan pantangan ibu hamil di atas, ibu hamil juga sebaiknya mengurangi konsumsi minuman berkafein dan menghindari konsumsi alkohol. Konsumsi kafein yang berlebihan dikhawatirkan bisa menyebabkan kenaikan asam lambung serta insomnia. Sedangkan alkohol harus dihindari sejak masa kehamilan hingga selesai menyusui. Buah-buahan tertentu seperti nanas, durian dan jeruk lemon juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Sebagai gantinya, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah pisang atau alpukat yang kaya akan anti oksidan, anti peradangan dan kaya akan kalium, protein, vitamin A serta vitamin lainnya. Kombinasikan konsumsi buah-buahan dengan sayuran hijau kaya serat serta air putih, susu bagi ibu hamil serta suplemen tambahan demi memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *