Fakta Buah Salak Untuk Ibu Hamil Serta Manfaatnya

Bagaimanakah efek buah salak untuk ibu hamil? Jika anda adalah seorang wanita yang berasal dari daerah Jawa, anda mungkin lekat dengan pantangan dari orang-orang terdahulu untuk mengonsumsi buah salak selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan nantinya bayi yang dilahirkan akan memiliki kulit yang menyerupai kulit salak, yaitu hitam dan bersisik. Namun bagaimanakah jika pada suatu waktu anda justru mengidamkan buah ini? Haruskah anda menahannya? Untuk mendapatkan jawabannya, simak beberapa pembahasan berikut ini.

buah salak untuk ibu hamil

Sebelum terjun langsung menuju jawaban apakah buah salak untuk ibu hamil baik atau tidak, ada baiknya. Dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, salak memiliki beberapa keistimewaan. Yang pertama adalah kandungan vitamin C, B1, B3, serta B6. Selain itu, buah salak juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, serta kalium. Disamping itu, salak juga merupakan summber karbohidrat, kalori serta protein. Melihat fakta dari kandungan nutrisi di dalam buah salak ini, tidaklah benar bahwa buah salak harus dihindari selama masa kehamilan. Mengonsumsi buah salak justru dapat meunjang kembang tumbuh si janin.

Dari beberapa survey yang telah dilakukan, buah salak untuk ibu hamil ternyata juga memiliki beragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Yang pertama adalah, buah salak ternyata mampu memelihara kesehatan mata bayi. Hal ini dikarenakan kandungan betakaroten, seperti yang ada pada wortel. Faktanya, kandungan betakaroten di dalam salak justru melebihi jumlah yang ada pada wortel. Manfaat yang kedua adalah untuk mengatasi buang air besar. Saat hamil, masalah pencernaan adalah hal umum yang dialami oleh banyak wanita. Hal ini dikarenakan kerja sistem pencernaan yang melambat. Apabila anda ingin mengatasai masalah ini, anda cukup mengonsumsi buah salak beserta kulit arinya. Tidak banyak yang tahu apabila kulit ari salak sebernarnya mengandung serat yang sangat tinggi meski kulit ari ini hanya tipis. Manfaat yang terakhir adalh sebagai penangkal diare. Kandungan tannin yang ada di dalam buah salak sangat efektif untuk menangkal diare karena mampu merekatkan serta menurunkan kadar air yang kita buang dari sisa pencernaan.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *